Surabaya, Potretjatim.com. Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Gresik, atas dedikasinya membantu peningkatan kinerja Polri. Pemberian penghargaan, diberikan langsung oleh Wakapolda Jatim, Brigjen Pol Widodo Eko Prihastopo kepada Bupati Gresik Sambari Halim serta kepada Ketua DPRD Gresik Abdul Hamid.

Wakapolda menjelaskan, kedua pejabat Gresik selaku eksekutif, telah memberikan sumbangan nyata, darma bhakti kepada organisasi polri, berupa keputusan pemberian lahan sebanyak 3 hektare kepada Polres Gresik. “Untuk pembangunan markas yang baru nanti, dan telah disahkan secara sah oleh DPRD, bantuan berupa dana pembangunan Rp 35 miliar,” jelas Wakapolda, Jumat (17/8).

Diakuinya, ini adalah bentuk nyata bantuan pemerintah daerah kepada institusi Polri. Sebagaimana yang dikatakan Kapolri Jenderal Tito Karnavian, adanya sinergitas antara Polri dan pemerintah daerah masing masing. “Tanpa dukungan para pimpinan daerah, TNI, Pemerintah Daerah, dan sebagainya, kita gak mungkin sukses menjalankan tugas sebagai anggota Polri,” tambahnya.

Penghargaan tersebut, diberikan seusai pelaksanaan Upacara Bendera dalam rangka HUT RI ke 73 di halaman Mapolda Jatim. Menyikapi penghargaan bagi Bupati dan Ketua DPRD Gresik, Kapolres Gresik AKBP Wahyu S Bintoro mengaku sangat bangga atas apresiasi yang diberikan  oleh Polda Jatim.

Wahyu mengatakan, rencana pembangunan Mapolres Gresik yang baru di lahan 3 hektare di daerah Kebomas akan dimulai tahun ini. “Tanah 3 hektare itu milik Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo. Saat ini masih penyelesaian tahap hibah dari Kementerian PUPR,” ungkap Kapolres Gresik.

Pembangunan Mapolres baru tersebut menggunakan anggaran dari APBD Gresik melalui PAK 2018 dan APBD 2019. “Mohon doa restunya, tahun ini akan dimulai pembangunannya dan Inshaa Allah tahun 2019 bisa selesai dan bisa segera ditempati (Mapolres Gresik yang baru, red),” tukasnya.

 

jatim news room | afr | p | Elliaanah.